Minggu, 14 November 2010

KAPOLDA JATIM AKAN BERANTAS DAN AWASI MAFIA HUKUM SECARA EKSTERNAL DAN INTERNAL


BILD SURABAYA-Pada Hari Kamis, 11 Nopember 2010 Pukul 18:37:01 WIB Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Badrodin Haiti siap memberantas dan mengawasi mafia Hukum baik secara ekternal maupun Internal. Ini dilakukan untuk mengantisipasi gerak dari para mafia hukum yang ada di kepolisian.

Hal ini ditegaskan oleh Kapolda Jatim, Irjen Pol Badrodin Haiti saat, ditemui usai seminar seminar bertema Mempersatukan Energi dalam Mencegah dan Memberantas Mafia Hukum, di Hotel JW Marriot Surabaya,

Dikatakannya, untuk Internal ini pihaknya akan bekerjasama dengan kompolnas untuk selalu mengawasi kinerja baik Irwasda, Propam, Ditreskrim. “Jadi waktu dulu pengawasan internal hanya dilakukan sesama polisi, maka kedepan akan bekerjasama dengan pihak Kompolnas,” tuturnya.

Sementera di eksternal pihaknya akan membuka pelayanan satu pintu langsung, dimana dulunya melalui penjagaan sekarang akan dibuat langsung pelayanan hukum kepada masyarakat.” Jadi program ini dibuat untuk menghindari terjadinya mafia hukum di kepolisian,”ujarnya.

Selain itu kepolisian juga mempersiapkan strategi pemberantasan mafia hukum dilakukan dengan tiga cara, pre emtif, preventif, represif atau penegakan hukum. "Caranya bisa mulai perbaikan manajemen penyidikan, peningkatan pengawasan internal dan eksternal petugas, serta tindak disiplin dan sanksi bagi yang ketahuan melanggar," terangnya.

Lanjut Badrodin, masalah intervensi atasan dalam menangani kasus tertentu maupun mencegah terjadinya pertemuan petugas dengan orang yang memiliki persoalan hukum juga diupayakan untuk diterapkannya.

"Pengawasan terus diperketat untuk nenghindari pelanggaran yang dilakukan kepolisian. Cara itu yang bisa mencegah munculnya mafia hukum," tukas Badrodin.

Untuk sanksi apabila melanggar atau ada yang terlibat dalam mafia hukum, ia mengatakan pihaknya tidak segan – segan akan memberikan tindakan yang tegas yaitu baik tindak pidana, kode etik, dan disiplin.

Sementara itu Kajati Jatim, M. Farella mengatakan pihaknya akan membenahi dan memperbaiki sistem kinerjanya, baik secara Sumber Daya Manusia, pengawasan Internal dengan melibatkan LSM, serta menyusun Standar Operating Procedures (SOP) dalam semua kerjanya.

Caranya, adalah dengan mempercepat penyidikan kasus itu sendiri. "Semakin cepat penanganannya, semakin kecil peluang mafia untuk mempengaruhi penyidikan. Karena kami memiliki standar penanganan yang cepat," pungkas

Ketua Pengadilan Negeri (PN) Surabaya Heru Pramono menyebut bahwa para mafia hukum dalam upayanya untuk mempengaruhi putusan hakim yang menyidangkan kasus tertentu semakin canggih. Menurut Heru, berdasar pengalamannya tak sedikit calo perkara yang berusaha mendekatinya agar menunda atau pun membatalkan sebuah eksekusi.

"Bila gagal langsung bertemu dengan saya, mereka akan lewat jalur lain. Dan terus mengupayakannya sampai berhasil," tuturnya.

Menurutnya mafia hukum yang beroperasi di lingkungan PN Surabaya akan mengambil jalan memutar dengan mendekati tokoh berpengaruh asal Blitar, tempat Heru dilahirkan, atau memanfaatkan seorang guru besar hukum di Universitas Diponegoro (Undip) Diponegoro, Semarang, tempat ia pernah kuliah.

Lebih lanjut, melalui tokoh yang didekati mafia hukum itu, lalu ia akhirnya berkomunikasi dengan mereka dengan tujuan meminta agar membatalkan eksekusi tersebut. Jika cara tersebut masih gagal, lanjut, mafia itu akan terus mencoba upaya lain hingga membuatnya jengkel.

"Cara terakhir yang dilakukan para makelar kasus itu adalah mendekati kolega saya di PN Jakarta Pusat tempat saya pernah bertugas. Pendeknya, segala cara dipakai," ujar/

Yang mengherankan, jelas Heru, mafia perkara itu sudah tahu siapa hakim yang akan menyidangkan perkara yang
masih berada di meja penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya . Indikasi itu, terang Heru, menandakan bahwa kerja mafia hukum di luar pengadilan terkait dengan mafia yang ada di dalam alias orang dalam.

"Karena itu, pelan-pelan praktik menyimpang semacam ini akan kami kikis. Karena sangat meresahkan dan membuat citra kami jelek di mata masyarakat," ungkapnya.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Badrodin Haiti membentuk Tim Satgas, Satuan tugas Pemberantasan Mafia Hukum (PMH) akan membentuk tim pencari fakta untuk menyelidiki dugaan keluarnya terdakwa kasus mafia pajak Gayus Tambunan dari Rumah Tahanan (Rutan) Markas Komando Brimob Kelapa Dua.

"Saya sudah empat kali bertemu Gayus, karena itu saya yakin Gayus yang kepergok di Bali itu mirip dengan Gayus Tambunan, tapi hal itu perlu dibuktikan secara forensik," ujar anggota Satgas PMH Mas Achmad Santoso dalam diskusi dengan jurnalis di Surabaya

Menurutnya dirinya meyakini wajah mirip Gayus di Bali itu sebagai Gayus Tambunan, karena empat kali pertemuan dirinya dengan Gayus Tambunan memang menunjukkan tubuh Gayus Tambunan semakin gemuk.

"Tapi, keyakinan itu harus dibuktikan secara forensik, apalagi Gayus sendiri membantah kalau pernah ke Bali , karena itu kami menurunkan tim pencari fakta yang beranggotakan 6-7 orang dan mereka sudah bekerja sejak dua hari lalu," tuturnya.

Ia menambahkan Satgas PMH berada di Surabaya selama beberapa hari untuk melakukan survei dan mencari masukan, termasuk survei dengan responden narapidana di Rutan Medaeng, Waru, Sidoarjo.

"Responden itu tentang pengalaman para napi, apakah mereka mengalami mafia hukum. Kami minta kuesioner itu ditulis apa adanya, tanpa intimidasi, karena hal itu penting membenahi sistem hukum kita, apa penyakitnya,”imbuhnya. (KOMBES Pol Pudji Astutik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NATAL & TAHUN BARU 2011

NATAL & TAHUN BARU 2011
KITA BERSYUKUR BISA MERAYAKAN HARI NATAL & TAHUN BARU MAKA DARI ITU KITA HARUS MENGHARGAI & MEMBANTU ORANG YANG MEMBUTUHKAN SERTA KITA HARUS BISA MEMAAFKAN ORANG LAIN YANG MENYAKITI KITA

NATAL & TAHUN BARU 2011

NATAL  & TAHUN BARU 2011
KITA BERSYUKUR BISA MERAYAKAN HARI NATAL & TAHUN BARU MAKA DARI ITU KITA HARUS MENGHARGAI & MEMBANTU ORANG YANG MEMBUTUHKAN SERTA KITA HARUS BISA MEMAAFKAN ORANG LAIN YANG MENYAKITI KITA

IDUL FITRI TAHUN 2010

IDUL FITRI TAHUN 2010
DALAM HARI FITRI INI KITA HARUS BISA MENGHARGAI ORANG LAINH & KITA HARUS BISA MEMAAFKAN ORANG LAIN YANG MENYAKITKAN DIRI KITA

IDUL FITRI 2010

IDUL FITRI 2010
DALAM HARI FITRI INI KITA HARUS BISA MENGHARGAI ORANG LAINH & KITA HARUS BISA MEMAAFKAN ORANG LAIN YANG MENYAKITKAN DIRI KITA

DIRGAHAYU RI KE 65 TAHUN

DIRGAHAYU RI KE 65 TAHUN
MARI KITA BERANTAS KORUPSI

DIRGAHAYU RI KE 65 TAHUN

DIRGAHAYU RI KE 65 TAHUN
MARI KITA BERANTAS KORUPSI

FU WALI KOTAKU

FU WALI KOTAKU
INGAT TANGGAL 2 JUNE 20010 COBELOS NO 2

NATAL 2009

NATAL 2009

TAHUN BARU 2010

TAHUN BARU 2010

GONG XI FA CAI 2010

GONG XI FA CAI 2010
REDAKSI BERLIN DEUTSCHLAND GROUP (DEUTSCHE TV,ZEITUNG BERLIND DEUSCHLAND,ZEITUNG BORGOL & ZEITUNG POLIZEI) MENGGUCAKAN SELAMAT MERAYAKAN HARI RAYA CHINA 2010 “GONG XI FA CAI”

SELAMAT JALAN “KH Abdurahman Wahid/Gus Dur”

SELAMAT JALAN “KH Abdurahman Wahid/Gus Dur”

SELAMAT JALAN WAKIL GEBENUR JATIM BPK TRIMARJONO

SELAMAT JALAN WAKIL GEBENUR JATIM BPK TRIMARJONO
REDAKSI BERLIN DEUTSCHLAND GROUP (DEUTSCHE TV,ZEITUNG BERLIND DEUSCHLAND,ZEITUNG BORGOL & ZEITUNG POLIZEI) IKUT BERDUKA CITA ATAS MENINGGALNYA WAKIL GEBENUR JATIM BPK TRIMARJONO SEMOGA ARWA ANDA DI TERIMA OLEHNYA & KELUARGA YANG DI TINGGALKAN DI BERIKESEHATAN DAN KEKUATAN DARI TUHAN

NARKOBA & MIRAS ADALAH KEMATIAN

NARKOBA & MIRAS ADALAH KEMATIAN
JANGAN COBA-COBA MENIKMATI/MENGEDARKAN NARKOBA & MIRAS BILA TIDAK MAU JADI MAYAT/MENINGGAL PESAN DARI BADAN NARKOBA NASIONAL INDONESIA & BADAN ANTI NARKOBA JERMAN

WANTED DEUTSCHE POLIZEI

WANTED DEUTSCHE POLIZEI
HER LIE,UMUR 60 TAHUN,HATI-HATI DENGAN ORANG INI. JAUHKAN ANAK-ANAK ANDA DARI ORANG INI. KARENA NANTI ANAK ANDA BISA HILANG DARI ANDA. MASYAKARKAT YANG MENGGETAHUI ANDA BISA HUBUNGI KANTOR POLISI JERMAN DI BERLIN Tel (04930) 4664664,Hamburg Tel: (04940) 19296,428676767,428650 E-Mail: lka.7011@hamburg.de ATAU HUBUNGI REDAKSI BILD REDAKSI DI TEL (06231)70696441

JERITAN HATI MASYARAKAT 4

JERITAN HATI MASYARAKAT 4
HARI INI MASIH ADA PEJABAT YANG MENGGUNAKAN JILBAB MENGHINA WARTAWAN MEDIA CETAK MINGGUAN. BILA SEMUA PEJABAT MEMILIKI SIFAT BURUK. INDONESIA JADI APA? DAN APA KATA DUNIA

JERITAN HATI MASYARAKAT 3

JERITAN HATI MASYARAKAT 3
HARI INI MASIH ADA PEJABAT/STAF PAJAK & KEMENTERIAN KEUANGAN CURI UANG MASYARAKAT. APA KATA DUNIA? (BILD RI 28 MARET 2010)

JERITAN HATI MASYARAKAT 2

JERITAN HATI MASYARAKAT 2
HARI INI IBU SRI MULIANI MASIH MILIKI SIFAT MUNAK & SUKA MEMBUAL APA KATA DUNIA? (BILD RI 25 MARET 2010)

JERITAN HATI MASYARAKAT 1

JERITAN HATI MASYARAKAT 1
HARI INI MASIH ADA PEJABAT KORUPSI APA KATA DUNIA? (BILD RI 20 MARET 2010)